Meilanfitriani's Blog

story of my life

Tips Merawat Kompor Gas

Posted by meilan fitriani on 1 January 2010

Meskipun terlihat sepele, urusan kompor ngadat bisa bikin persiapan pesta jadi tersendat. Dengan kegiatan membersihkan kompor secara rutin, selain awet kompor juga lebih optimal menghasilkan panas dan membantu pekerjaan dapur Anda. Apa saja yang harus diperhatikan? Bagaimana cara merawat yang benar?

Jenis:

Kompor gas banyak ragamnya. Ada yang portable, ada yang memiliki 1 atau 2 tungku dan ada juga yang berupa unit lengkap dengan ovennya. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah kompor gas dengan saluran selang yang dihubungkan dengan tabung gas. Harga dan modelnya juga sangat beragam. Pilihan jenis kompor ini tentu tergantung pada kebutuhan keluarga.

Tungku:

Bagian kompor yang paling penting adalah tungku. Tungku ini merupakan alat untuk mengeluarkan api yang mengahsilkan panas. Ukuran tungku ini ada yang lebar dan ada juga yang kecil yang menghasilkan kekuatan panas yang berbeda. Karena itu usahakan untuk menjaga agar permukaan dan bagian cerukan tungku ini selalu bersih. Jika warna api sudah kemerahan berarti ada kotoran yang menyumbat aliran api. Sebaiknya segera mengeceknya. Demikian juga jika api sudah mulai mengecil, berarti ada aliran gas yang terhambat di dalamnya. Untuk membersihkan tungku, lepaskan penutup besinya (jika ada), lap dengan lap lembap hingga bersih. Lap juga bagian cerukan tungku dan jika lapisan bergeriginya bisa dilepas, sikatlah perlahan agar bersih dari kotoran yang bisa menyumbat aliran api.

Waktu:

Kapan sebaiknya membersihkan kompor gas? Jika tiap hari kompor gas dipakai, sebaiknya tiap hari pula dibersihkan. Pembersihan rutin ini mencegah kotoran bertumpuk dan menjaga kompor tetap bersih. Untuk kompor gas berupa unit dengan 4 tungku, sebaiknya lakukan perawaratan rutin dengan memanggil tukang servis, minimal 2 bulan sekali. Servis ini akan membuat selang dan kabel yang ada di dalam kompor bisa dicek teliti dan terpelihara.Jangan lupa bersihkan dan cek juga tungku pada oven, yang biasanya ada di bagian bawah kompor ini.

Supaya kompor gas di rumah kita awet dan tahan lama maka diperlukan perawatan, antara lain :

  • Rajin untuk membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.
  • Untuk membersihkan kompor gas, jika dari stainles steel dibersihkan dengan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah diberi sabun. Setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.
  • Supaya gas tidak bocor, selang yang untuk menyalurkan gas dari tabung ke pipa kompor harus dipastikan masuk sedalam mungkin dengan menggunakan selang karet.
  • Secara rutin anda harus memastikan selang gas agar jauh dari permukaan panas, tidak pada posisi tertekuk dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran.
  • Mencuci bagian-bagian yang dilapisi Enamel atau krom dengan air sabun hangat atau deterjen yang non -abrasif. Setelah kering betul baru anda bisa memasang kembali lapisan enamel atau krom tersebut.
  • Jangan sesekali anda menyalakan api jika tidak ada alat memasak diatasnya, karena ini dapat menimbulkan bau gas dari api yang anda tinggalkan walaupun hanya dalam waktu 5 detik.
  • Jika anda sehabis memasak didapur anda harus membiasakan agar membersihkan kompor gas dengan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah diberi sabun. Setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.

2 Responses to “Tips Merawat Kompor Gas”

  1. arramuse said

    Wuah… matebs juga negh…😀

    mampir mbak🙂

    entar ane print.. truz templokin di deket kompornya

    wkwkwk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: