Meilanfitriani's Blog

story of my life

Tips Hemat Minyak Goreng

Posted by meilan fitriani on 1 January 2010

Minyak goreng merupakan salah satu sembako yang kita gunakan setiap hari. Namun minyak goreng bukanlah produk yang habis saat digunakan. Akibatnya, semakin banyak minyak goreng yang digunakan, maka semakin banyak limbah minyak goreng yang dihasilkan.

Apalagi minyak goreng yang kita gunakan sebagian besar berasal dari berbagai kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit sendiri sebagian besar berasal dari lahan hutan alam yang kemudian diubah fungsinya.

Pertanyaan yang timbul kemudian adalah bagaimana cara mengurangi, membuang dan mengatasi limbah tersebut agar tidak mencemari lingkungan.

Berikut adalah tips-tips yang dapat kita terapkan:

  • Kurangi penggunaan minyak goreng: Dari sisi kesehatan, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan yang digoreng tidaklah bagus. Nah, walaupun tampaknya sulit, jika kita mau, kita dapat mengurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng. Dengan begitu, selain tubuh kita lebih sehat, kita juga dapat mengurangi jumlah timbulan limbah minyak goreng.
  • Gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng bawang, kerupuk, atau kacang. Setelah selesai menggoreng, saring minyak yang masih berwarna kuning ini, lalu masukkan ke dalam wadah bersih.
  • Tuangkan minyak goreng secukupnya saja, tidak perlu sampai merendam. Jika minyak goreng terlalu banyak, waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng hingga matang pun akan jauh lebih lama. Akibatnya pemakaian gas pun akan semakin boros.
  • Untuk menghemat minyak goreng, siapkan beberapa wadah untuk menampungnya. Mulai untuk minyak bersih, minyak yang kotor, dan minyak bekas menggoreng ikan atau ikan asin. Saat Anda mengoreng Sesuatu yang ringan, seperti kerupuk, bawang atau kacang, Anda bisa menyimpan pada wadah minyak bersih.
  • Saat menggoreng, tidak ada salahnya untuk menunggu wajan panas terlebih dahulu, kemudian tuangkan minyak secara perlahan dan merata diseluruh permukaan. Setelah itu, baru tuangkan minyak goreng sekukupnya. Cari ini juga bisa menghemat penggunaan minyak goreng.

7 Responses to “Tips Hemat Minyak Goreng”

  1. sangat bermanfaat sob,slm kenal yap

  2. indrow said

    tips yang bermanfaat, cocok klo ntar dah berumah tangga..
    ha3, berangan-angan jauh ke depan..
    btw, linknya dah aku pasang.. thanks, dpt PR baru

  3. chodirin said

    Sebaiknya menggunakan minyak goreng sekali pakai saja. Kenapa? karena sisa minyak goreng mengandung senyawa karsinogenik yang dapat memicu kanker. Jadi sebaiknya gunakan minyak sekali pakai.

    PS: link sudah saya add. Maaf kemarin2 blog lg down, jad ga sempet add.

  4. maxall said

    wah,aku gak pernah goreng goreng🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: