Meilanfitriani's Blog

story of my life

Cara Bakar Kalori

Posted by meilan fitriani on 1 January 2010

Pada dasarnya, manusia membutuhkan lemak bagi tubuh namun bila jumlah lemak tersebut sudah terlalu berlebihan didalam tubuh akan membahayakan bagi diri kita sendiri. Manusia sendiri banyak yang masih belum paham bagaimana cara membakar lemak yang baik dengan tidak merugikan tubuh kita. Menggerakkan badan adalah salah satu cara yang paling mudah dan prakits membakar lemak dan kalori serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain banyak bergerak dan rajin berolah raga sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat pembakaran kalori dan mengikis lemak yang menumpuk dalam tubuh Anda.

Salah satu kegiatan yang banyak memerlukan gerakan tubuh antara lain :

  1. Olahraga
    Cara yang satu ini adalah cara paling mudah untuk mempercepat pembakaran lemak dan kalori, olahraga juga merupakan kagiatan yang cukup populer, murah dan efektif. Ketika berolahraga, tubuh Anda akan membakar kalori untuk menyediakan tenaga. Selain itu, olahraga sangat menguntungkan karena meski latihan Anda sudah selesai namun tubuh masih akan terus membakar banyak kalori. Walau sulit menentukan berapa lama efek ini akan berlangsung (bervariasi tergantung komposisi tubuh dan tingkat latihan), Wharton memperkirakan bahwa rata-rata metabolisme tubuh akan meningkat sedikitnya dalam 24 jam. Aktivitas jalan cepat setiap hari adalah jenis latihan yang paling disarankan bagi mereka yang ingin membakar banyak kalori. Jika Anda ingin memperpanjang efek pembakaran kalori ini, disarankan untuk berolahraga dengan durasi atau waktu yang cukup lama. Sejumlah riset menunjukkan bahwa dengan menambah durasi olahraga peningkatan rata-rata metabolisme keseluruhan menjadi panjang.
  2. Menarilah
    Jika Anda memiliki hobi menari, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk membakar kalori dengan aktivitas ini. Anda bisa mencoba mengikuti kelas salsa, atau belly dance. Dengan menari, Anda dapat melangkah dan meliukkan tubuh mengikuti irama lagu yang dapat menuntun Anda membakar 300 kalori/jam.Saat Anda tak bisa mengikuti kelas tersebut lantaran terbentur kesibukan, Anda bisa menggerakkan tubuh di rumah. Langkah ini dapat dilakukan sambil diiringi musik favorit. Bergoyanglah sesuka hati! Anda bisa lebih leluasa bergerak, dan menghilangkan rasa malu untuk melakukannya.
  3. Latihan kekuatan untuk membentuk otot
    Ketika berolahraga, selain badan yang bergerak sekaligus menggerakkan otot. Ini akan membantu membangun massa otot, dan jaringan otot akan membakar lebih banyak kalori ketimbang lemak tubuh, bahkan saat Anda sedang istirahat sekali pun. Menurut penelitian, 10 pon otot tubuh dapat membakar 50 kalori dalam sehari saat tubuh diam, dan 10 pon lemak akan membakar 20 kalori. Namun ada cara yang paling efektif meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar banyak kalori yaitu dengan latihan aerobik dan latihan kekuata (strength training). “Strength training” adalah penggunaan resistensi kontraksi otot untuk membangun kekuatan, daya tahan anaerobik, serta ukuran otot rangka. Latihan kekuatan menjadi penting artinya ketika kita beranjak tua di mana metabolisme cenderung mulai menurun. Salah satu cara untuk memelihara metabolisme adalah memasukkan latihan kekuatan pada program olahraga Anda sedikitnya dua kali seminggu.
  4. Minum Teh Hijau dan Teh Hitam
    Teh adalah minuman menyehatkan mengandung kafein, yakni stimulan yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Salah satu yang dapat dirasakan dalam sesaat adalah Anda seperti mendapat banyak energi, yang berarti Anda akan lebih banyak bergerak. Kafein juga dapat menimbulkan perubahan metabolisme tubuh yang membuat lebih banyak kalori terbakar. Teh hijau atau hitam memilih manfaat yang lebih besar ketimbang kafein yang dikandungnya. Riset lain pada manusia oleh peneliti Universitas Lausanne di Swiss menunjukkan bahwa teh hijau memiliki senyawa penghasil panas dan pembakar lemak melebihi kafein. Ketika 31 pria dan wanita sehat diberi minuman mengandung catechin, kafein dan kalsium selama tiga hari, penggunaan energi mereka selama 24 jam meningkat 4,6 persen. Minum teh saat makan juga memberikan pengaruh. Ekstrak teh dapat mengganggu absorpsi karbohidrat dalam tubuh ketika keduanya dikonsumsi bersamaan.
  5. Makan sedikit-sedikit, tapi sering
    Setiap kali Anda makan atau sekedar memakan camilan, sistem pencernaan akan bekerja dan mencerna makanan kemudian menyerap nutrisi. Untuk menghidupkan mesin pencernaan dan melakukan proses ini tentu juga dibutuhkan kalori . Oleh sebab itu, masuk akal bila semakin sedikit makan Anda namun sering, makin banyak kalori yang dibakar. Dan dipercaya bahwa makan sedikit-sedikit tapi sering adalah cara yang menyehatkan dibanding makan besar satu atau dua kali dalam sehari.
  6. Jangan tunda sarapan
    Banyak bukti penelitian mendukung adanya hubungan sarapan dengan peningkatan berat badan. Orang yang menunda sarapan cenderung lebih banyak mengonsumsi kalori pada siang, sore, atau malam harinya. Riset juga mengindikasikan, menunda sarapan berkaitan dengan tingginya indeks masa tubuh pada kalangan remaja. Harus diingat bahwa setiap kita mengawali sarapan, atau pun makan malam biasakanlah untuk memulainya dengan buah-buahan.Ada sebagian orang yang salah pengertian mengenai hal ini, terkadang buah di makan setelah selesai makan, yang baik adalah makan buah-buahan setelah itu makanlah secukupnya. Istilah mesin dipanaskan dulu sebelum digunakan, begitu juga dengan perut kita. Hal tersebut dapat menambah metabolisme tubuh dan asupan lemak dan kalori menjadi tidak terlalu banyak.
  7. Mengonsumsi produk susu rendah lemak.
    Kalsium yang terkandung dalam susu rendah lemak diklaim membantu membakar lebih banyak kalori, namun mekanisme ini akan berfungsi dalam dua cara berbeda. Yang pertama, riset di Denmark menunjukkan tubuh akan menyerap lebih sedikit kalori dan lemak dari makanan ketika mengonsumi kalsium dari produk susu rendah lemak. Kedua, riset lain menyatakan, sering mengonsumsi makanan berkalsium tinggi- termasuk produk susu rendah lemak – dapat menurunkan lemak perut terutama pada remaja pria kulit putih.
  8. Minum delapan gelas sehari
    Minum hampir delapan gelas air (2 liter) dalam sehari dapat membantu membakar ekstra 100 kalori, berdasar penelitian kecil Jerman. Kedengarannya tidak terlalu besar, namun bila dihitung dalam seminggu bisa mencapai 700 kali atau hingga 2.800 sebulan. Namun begitu peneliti juga mengingatkan jangan pernah minum air secara berlebihan karena bisa mengancam kesehatan.
  9. Resah
    Berperilaku seperti ini juga membutuhkan energi, dan menurut sebagian ahli resah atau gundah dapat dikategorikan sebagai tindakan. “Sejumlah penelitian lama menyarankan bahwa kalori dapat dibakar setiap hari dengan berperilaku resah,” ungkap Jamie Pope, MS, RD, LDN, pakar nutrisi dari Vanderbilt University School of Nursing. Sebuah riset juga menemukan bahwa tindakan informal seperti resah bisa menjadi faktor yang lebih penting ketimbang latihan formal dalam menentukan siapa yang kurus dan siapa yang gemuk. Diet dan olahraga adalah topik menarik yang perlu didiskusikan dengan dokter Anda. Sebelum menjalani olahraga atau mengonsumi suplemen pada diet Anda, akan sangat bijak bila  bertanya lebih dulu kepada dokter. Jika Anda mengidap penyakit tertentu atau sedang menjalani pengobatan tertentu, mungkin saja ada aktivitas atau suplemen yang harus dihindari.

10. Shopping

Kalau sudah bersinggungan dengan yang namanya shopping, siapapun pasti tidak akan menolaknya. Tapi tidak hanya sekedar memanjakan mata dan memuaskan keinginan untuk membeli apa yang diinginkan saja. Aktivitas shopping ternyata bisa menjadi alternatif Anda membakar kalori. Belanja selama 45 menit secara non-stop – terus berjalan tanpa istirahat – sangat ampuh untuk membakar 90 kalori dalam tubuh.

11. Beres-beres rumah

Dengan meluangkan waktu untuk bersih-bersih rumah diakhir pekan, bukan saja bisa membuat Anda lebih dekat dengan tempat tinggal Anda, tapi juga bisa membantu Anda membakar 450 kalori.

12. Bercinta

Setiap kali Anda melakukan hubungan suami-istri dengan pasangan, ternyata bisa menyingkirkan 65 kalori

3 Responses to “Cara Bakar Kalori”

  1. Rosit Ska said

    luar biasa. ternyata hal2 yang tak diperkirakan bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. thanks for your information

  2. mut@nt said

    nice share…. keep blogging…

    linknya sdh terpasang di blogroll, linkback ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: