Meilanfitriani's Blog

story of my life

Mitos Tidur

Posted by meilan fitriani on 27 December 2009

Ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat tentang tidur. Kedengarannya memang remeh, hanya masalah tidur. Tetapi berapa di antara Anda yang mengalami kesulitan dalam tidur? Nah lihat, banyak kan. Yuk simak beberapa mitos tidur berikut ini, siapa tahu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan Anda selama ini , jadi malam hari nanti Anda dapat tidur dengan nyenyak.

1. Anda boleh begadang saat weekend

Mitos: Weekend adalah saat seru untuk hangout dengan teman-teman atau orang yang Anda cintai. Hari itu sepertinya Anda bebas bersenang-senang setelah lima hari penat bekerja, tak ada salahnya begadang.

Yang benar: walaupun lelah bekerja selama lima hari penuh, bukan berarti tubuh tak memerlukan istirahat saat weekend. Memang keesokannya kita tak harus bangun pagi, namun kualitas tidur yang cukup akan membantu Anda menjaga dan merawat kesehatan. Tak harus begadang untuk mendapatkan kesenangan dan hiburan kan?

2. Semakin bertambah tua jam tidur yang dibutuhkan berkurang

Mitos: orang tua/ dewasa membutuhkan waktu tidur yang lebih singkat dari pada anak-anak. Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang, namun semakin dewasa waktunya akan diisi dengan melakukan kegiatan dan jam tidur yang dibutuhkan terus berkurang.
Yang benar: tentu setiap orang memerlukan waktu tidur yang cukup. Bukan berarti orang dewasa hebat dan tak butuh tidur lama. Tubuh relatif memerlukan perlakuan yang sama, setidaknya waktu tidur setiap harinya adalah 8 jam. Dengan demikian tubuh akan selalu sehat dan bugar saat akan kembali beraktivitas keesokan harinya.

3. Kerja keras seharian agar dapat tidur nyenyak di malam hari

Mitos: terkadang sulit bagi kita untuk tidur di malam hari, untuk itu lebih baik diforsir saja, jika memang tubuh kelelahan pastinya nanti akan tidur nyenyak dengan sendirinya.

Yang benar: agar dapat tidur nyenyak, olahraga teratur adalah solusi paling tepat. Otot-otot tubuh tak hanya sekedar butuh bergerak, namun stretching akan membantu memperlancar peredaran darah. Jika aliran darah dalam tubuh lancar, maka saat beristirahat temperatur tubuh akan menurun, di sinilah kenyamanan tidur tercapai. Secara otomatis Anda akan mengantuk dan jam tidur Anda akan lebih teratur.

4. Tidur dibutuhkan untuk memberikan istirahat pada otak

Mitos: kita butuh tidur agar otak juga dapat beristirahat setelah diforsir selama seharian penuh dengan kegiatan-kegiatan yang membuat kita supersibuk.
Yang benar: bagian tubuhlah yang membutuhkan istirahat, bukan otak. Yang perlu kita tahu, otak masih tetap bekerja sekalipun kita tidur. Jadi agar otak lebih rileks dan beristirahat, lakukan kegiatan yang membuat otak Anda merasa nyaman, misalnya berjalan-jalan, rekreasi atau hobby yang tak memerlukan terlalu banyak effort dari otak Anda.

5. Tunggu sampai Anda ketiduran

Mitos: jika Anda terbangun di tengah malam dan Anda ingin tidur lagi, tetap saja berbaring sampai Anda tertidur. Jangan beranjak dari tempat tidur, karena Anda pastinya tak akan bisa tidur lagi.

Yang benar: terbangun di tengah malam dan sulit rasanya untuk tidur lagi, ah ini adalah hal yang menyebalkan, padahal sebelumnya Anda sedang asyik menikmati liburan di Hawaii (walaupun sekedar bermimpi). Bangun dari pembaringan Anda, kemudian ambil buku bacaan atau dengarkan musik yang membuat Anda rileks. Dengan demikian Anda akan mudah mengantuk dan melanjutkan mimpi indah Anda.

6. Tempat tidur khusus

Mitos: tak apa jika memang Anda ingin bermain PS atau menonton TV di atas tempat tidur. Siapa tahu dengan begitu Anda akan lebih cepat mengantuk dan tak perlu berjalan jauh lagi untuk tidur. Sandarkan saja kepala Anda dan zzzz…mimpi indah terbentuk.
Yang benar: hindari melakukan aktivitas yang bukan tidur atau melakukan hubungan seks di tempat tidur Anda. Ini akan membuat Anda terbiasa dan akhirnya sulit untuk tidur. Tempat tidur Anda adalah tempat yang spesial, biarkan momen-momen impian dan keindahan hubungan seks saja yang tertinggal di sana. Jangan biarkan aktivitas lain mengganggu keindahan momen-momen ini.

7. Seks di malam hari

Mitos: hubungan seks yang dilakukan malam hari hanya akan
membuat Anda tetap terjaga.

Yang benar: beberapa waktu mungkin Anda akan bangun (selama Anda melakukan hubungan seks), tetapi kemudian Anda tentunya akan kembali tidur setelah melakukan aktivitas yang cukup melelahkan. Dan menariknya, seks di malam hari membantu Anda membuang energi buruk. [baca artikel ini]

8. Pengaturan temperatur kamar

Mitos: menghangatkan tubuh di balik selimut akan membuat Anda lebih mudah tertidur.
Yang benar: jika temperatur ruangan sedang panas, tentunya selimut tidak akan membuat Anda lekas tidur dengan lelap. Berikan sedikit udara segar yang semilir membuai Anda, nyalakan AC dan atur suhunya. Keadaan yang dingin akan membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak.

9. Mendengkur

Mitos: mendengkur adalah hal biasa yang dilakukan seseorang saat tubuh kelelahan beraktivitas, sehingga efek yang dimunculkan adalah mendengkur di malam hari.

Yang benar: mendengkur bukan cuma hal biasa, bagi beberapa orang hal ini bisa berarti gangguan tidur yang serius. Sebaiknya Anda yang mendengkur setiap hari secepatnya mengunjungi dokter, mungkin ada beberapa gangguan di tenggorokan Anda.

10. Alkohol membantu tidur lebih cepat

Mitos: adakalanya jika Anda ingin tidur, segelas alkohol diperlukan sebagai pengantarnya. Alkohol akan membuat perasaan Anda lebih tenang dan nyaman, sehingga Anda akan lebih mudah tidur.
Yang benar: Ya! Anda memang akan lekas tidur setelah minum alkohol, ya tentunya setelah Anda mabuk, tak mungkin bagi Anda untuk tetap terjaga bukan? Alkohol tak akan membantu Anda, secangkir teh hangat atau susu akan lebih membantu, dan efeknyapun bagus untuk kesehatan Anda ketimbang harus tidur karena sudah mabuk.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: