Meilanfitriani's Blog

story of my life

Larangan Menara Masjid Menjalar di Eropa

Posted by meilan fitriani on 2 December 2009

Apakah anda tahu apa yang sekarang sedang menimpa umat muslim yang tinggal di negara-negara Eropa?? Di beberapa negara di Eropa sedang hangat dibicarakan tentang pelarangan pembangunan menara masjid. Hal ini bermula dari negara Swiss yang mengeluarkan larangan pembangunan menara-menara masjid minggu kemarin.
Partai Rakyat Swiss (psv) yaitu partai terbesar di parlemen menilai bahwa menara adalah simbol islamisasi sehingga partai tersebut mengusulkan pelarangan pembangunan menara-menara azan di masjid. Mayoritas warga Swiss yang mengikuti referendum mendukung usulan tersebut, lebih dari 57 persen dan 22 wilayah dari 26 wilayah atau provinsi menyetujui larangan itu.
Dewan federal menghormati keputusan ini dan sebagai konsekuensinya, pembangunan menara-menara baru di Swiss tidakakan diizinkan. Hasil yang mengejutkan ini merupakan berita buruk bagi pemerintahan Swiss yang menghawatirkan terjadinya kerusuhan di kalangan komunitas muslim.
Pendapat beberapa kalangan mengenai pelarangan ini :
Martin Baltisser, sekretasris jenderal Svp kepada BBC mengatakan hasil ini merupakan suara menentang menara sebagai simbol kekuatan Islam.
Seorang wakil masyarakat Muslim di Swiss, Tamir Hadjipolu mengaku khawatir hak-hak warga Muslim akan diserang dan dibatasi.
Sementara Amnesty International memperingatkan bahwa pelarangan itu akan melanggar kewajiban pemerintah Swiss untuk menjaga kebebasan beragama.
Seorang warga Swiss beragama Islam Elham Manea mengatakan, pelarangan itu diskriminatif karena warga Sikh dan Katolik Orthodoks diperbolehkan membangun rumah ibadah mereka dengan bebas.
Maskuri Abdillah, ketua Nahdlatul Ulama, kelompok Muslim terbesar di Indonesia, menilai referendum yang dimenangkan kelompok penentang pembangunan menara merefleksikan kebencian rakyat Swiss terhadap umat Muslim.
Amnesty International juga mengungkapkan penyesalan mendalam atas persetujuan pemilih Swiss terhadap larangan tersebut. Amnesty menganggap hal itu melanggar kebebasan umat Muslim.
pemimpin umat Islam Mesir Ali Gomaa juga mengatakan larangan itu menghina umat Muslim dan menyerupai sebuah serangan terhadap kebebasan berkeyakinan.
Dampak dari larangan pembangunan menara mesjid di Swiss menjalar ke negara-negara Eropa lainnya, dengan adanya seruan di Belanda, Belgia, dan Italia untuk menggelar refenrendum melarang simbol Islam tersebut.
Di Belgia, partai sayap kanan Vlaams Belang akan mengajukan sebuah dekrit kepada parlemen wilayah Flemish. Menurut mereka, menara masjid merusak lingkungan dan identitas budaya yang telah ada.
Liga Utara yang anti-imigran juga mendesak larangan menara masjid di Italia.
Bagi umat muslim yang tinggal di negara-negara yang mayoritas penduduknya adalah seorang muslim, mungkin hal seperti ini tidak akan terjadi, namun bagaimana dengan nasib saudara-saudara kita, muslim yang tinggal di negara-negara Eropa, yang semakin hari kebebasan berkeyakinannya semakin dikekang. Apakah kita akan membiarkan saja hal itu terjadi?

Apakah anda tahu apa yang sekarang sedang menimpa umat muslim yang tinggal di negara-negara Eropa?? Di beberapa negara di Eropa sedang hangat dibicarakan tentang pelarangan pembangunan menara masjid. Hal ini bermula dari negara Swiss yang mengeluarkan larangan pembangunan menara-menara masjid minggu kemarin.Partai Rakyat Swiss (psv) yaitu partai terbesar di parlemen menilai bahwa menara adalah simbol islamisasi sehingga partai tersebut mengusulkan pelarangan pembangunan menara-menara azan di masjid. Mayoritas warga Swiss yang mengikuti referendum mendukung usulan tersebut, lebih dari 57 persen dan 22 wilayah dari 26 wilayah atau provinsi menyetujui larangan itu.Dewan federal menghormati keputusan ini dan sebagai konsekuensinya, pembangunan menara-menara baru di Swiss tidakakan diizinkan. Hasil yang mengejutkan ini merupakan berita buruk bagi pemerintahan Swiss yang menghawatirkan terjadinya kerusuhan di kalangan komunitas muslim. Pendapat beberapa kalangan mengenai pelarangan ini :Martin Baltisser, sekretasris jenderal Svp kepada BBC mengatakan hasil ini merupakan suara menentang menara sebagai simbol kekuatan Islam.Seorang wakil masyarakat Muslim di Swiss, Tamir Hadjipolu mengaku khawatir hak-hak warga Muslim akan diserang dan dibatasi.Sementara Amnesty International memperingatkan bahwa pelarangan itu akan melanggar kewajiban pemerintah Swiss untuk menjaga kebebasan beragama.Seorang warga Swiss beragama Islam Elham Manea mengatakan, pelarangan itu diskriminatif karena warga Sikh dan Katolik Orthodoks diperbolehkan membangun rumah ibadah mereka dengan bebas.Maskuri Abdillah, ketua Nahdlatul Ulama, kelompok Muslim terbesar di Indonesia, menilai referendum yang dimenangkan kelompok penentang pembangunan menara merefleksikan kebencian rakyat Swiss terhadap umat Muslim. Amnesty International juga mengungkapkan penyesalan mendalam atas persetujuan pemilih Swiss terhadap larangan tersebut. Amnesty menganggap hal itu melanggar kebebasan umat Muslim.pemimpin umat Islam Mesir Ali Gomaa juga mengatakan larangan itu menghina umat Muslim dan menyerupai sebuah serangan terhadap kebebasan berkeyakinan.Dampak dari larangan pembangunan menara mesjid di Swiss menjalar ke negara-negara Eropa lainnya, dengan adanya seruan di Belanda, Belgia, dan Italia untuk menggelar refenrendum melarang simbol Islam tersebut.Di Belgia, partai sayap kanan Vlaams Belang akan mengajukan sebuah dekrit kepada parlemen wilayah Flemish. Menurut mereka, menara masjid merusak lingkungan dan identitas budaya yang telah ada.Liga Utara yang anti-imigran juga mendesak larangan menara masjid di Italia.Bagi umat muslim yang tinggal di negara-negara yang mayoritas penduduknya adalah seorang muslim, mungkin hal seperti ini tidak akan terjadi, namun bagaimana dengan nasib saudara-saudara kita, muslim yang tinggal di negara-negara Eropa, yang semakin hari kebebasan berkeyakinannya semakin dikekang. Apakah kita akan membiarkan saja hal itu terjadi?
sumber

6 Responses to “Larangan Menara Masjid Menjalar di Eropa”

  1. paraden said

    repot juga sih, islam udah dianggap sampah di negara luar, islam juga udah di anggap teroris. walau pada kenyataanya kita hanya berontak atas ketidak adilan yang terjadi pada kaum muslimin.
    semut aja kalau diganggu pasti gigit, apalagi manusia.

    salam kenal

  2. paraden said

    ky lg banyak masalah non.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: